18 Maret 2012

SELEKNAS CATUR JUNIOR - LANGKAH AWAL MEMBENTUK TIMNAS CATUR INDONESIA MUDA

Upaya Membentuk TimNas Catur Indonesia Muda 
PB PERCASI selenggarakan Seleknas Catur Junior Tahap I "Perang Bintang"

Jakarta----  Membentuk sebuah Timnas  Catur Indonesia  yang berusia muda dan kuat,  PB Percasi menggelar Seleknas Catur Junior Tahap I "Perang Bintang".
“Seleknas Yunior ini merupakan bagian dari sebuah rencana jangka panjang PB Percasi membangun tim catur nasional yang kuat”, kata Utut Adianto, Wakil Ketua Umum PB PERCASI dalam sambutan pembukaan Seleknas Catur Junior Perang Bintang yang dilakukan di Jakarta (16/2).  “Saat ini tercatat sejumlah pecatur muda yang mempunyai potensi besar ke masa depan.  Mereka telah teruji prestasinya dalam berbagai turnamen catur. Melalui seleksi nasional ini diharapkan dapat diperoleh pecatur terbaik yang diantara yang baik yang akan masuk dalam sebuah tim nasional usia muda yang kuat”, jelasnya lebih lanjut.

Seleknas  Catur Yunior yang diberi tajuk "Perang Bintang" tersebut akan dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahap I  dilaksanakan tanggal 15-21 Februari 2012 di resort Multi Makmur Community Center, Sawangan, Depok.

“Di  pertandingan babak pertama di tahap I ini  tercatat 36 peserta putri dan 32 peserta putra dari usia 8 hingga 20 tahun”, ujar Kristianus Liem Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PERCASI. Para peserta ini  datang dari berbagai propinsi di Indonesia. “Mereka seluruhnya pernah menduduki ranking tiga besar di berbagai event catur tingkat nasional atau internasional”,  ujarnya lebih lanjut.

Pada Tahap I ini akan disaring tujuh pecatur putri dan sembilan pecatur putra untuk dapat mengikuti Tahap II. Tahap II yang diberi titel "Best of The Best" dilaksanakan bulan Maret 2012.
Tahap II akan diikuti 10 pecatur putra dan 10 pecatur putri. Tujuh pecatur putri yang lolos akan bergabung dengan para pecatur perebut medali di SEA Games Palembang 2011, yaitu GMW Irene Kharisma Sukandar, MIW Medina Warda Aulia, dan MIW Chelsie Monica Sihite. Sedang sembilan pecatur putra yang lolos akan bergabung dengan perebut medali emas SEA Games Palembang 2011 GM Susanto Megaranto.

“Setelah Seleknas Catur Junior Tahap I, akan diperoleh enam pecatur putra dan enam pecatur putri yang akan mengikuti Pelatnas Jangka Panjang  Mereka  ini akan masuk sebagai Disivi Utama PB Percasi yang akan diprioritaskan membela Indonesia di berbagai ajang turnamen internasional seperti World School Chess Championship, World Youth Chess Championship, Asian Continental Chess Championship, Asian Team Chess Championship dan Olimpiade Catur Istanbul 2012”, kata Kristianus.
Walaupun demikian, pecatur yang gagal di Tahap II masih memiliki kesempatan untuk masuk Divisi Utama sekitar enam bulan kemudian. Mereka akan bersaing di Divisi Satu bersama para pecatur muda yang kembali mencetak prestasi di berbagai event nasional dan internasional.
Teks Foto: Seluruh peserta foto bersama dan meneriakan yel: Catur Yes, Indonesia Jaya!
(Foto dibuat oleh Medina Warda Aulia)

Facebook
0 Blogger