25 Januari 2011

SELEKNAS CATUR SEA GAMES XXVI 2011 DIMULAI

SELEKNAS CATUR SEA GAMES XXVI/2011 telah dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum KONI Pusat Bapak Sri Sudono di Cottage Lebak Pasir Angin Gunung Geulis Rambow, Cipayung, pada hari Senin 24 Januari 2011.

UNTUK mendapatkan pecatur yang andal dalam membela tim Indonesia pada SEA Games 2011, PB Percasi menyelenggarakan Seleknas Catur SEA Games mulai tanggal 24-29 Januari 2011 di Cottage Lebak Pasir Angin Gunung Geulis Rambow, Bogor, Jabar.
(Teks foto: VENUE SELEKNAS CATUR yang lebih mirip "padepokan" terletak di atas bukit Geulis)
Peserta yang berhak mengikuti Seleknas ini adalah mereka – putra maupun putri -- yang menduduki 10 besar Kejurnas Catur Manado 2010; pecatur Indonesia yang berada dalam 10 besar peringkat rating Internasional FIDE per 1 Januari 2011; tiga besar Kejurnas Catur Mahasiswa 2010; dan tiga besar pada turnamen berkategori tertinggi Percasi seperti JAPFA Chess Festival, Telkom Open, SO NICE Ramadhan Cup, dan SO NICE Christmas Cup. Selain mereka, untuk pertimbangan pembinaan, juga berhak ikut Seleknas adalah para tiga besar pecatur junior pada Kejurnas Catur Manado 2010 dan Kejurnas Catur Palangka Raya 2009, untuk kelompok umur 20 tahun, 18 tahun dan 16 tahun. Sementara untuk kelompok umur 14 tahun dan 12 tahun yang diperbolehkan ikut hanya para juaranya saja.


 (Teks foto: GM Utut Adianto selaku Wakil Ketua Umum PB. PERCASI sekaligus sebagai Anggota DPR RI komisi X menjalankan langkah pertama di meja pertandingan ekshibisi Catur Kilat antara GM Cerdas Barus vs WFM Medina Warda Aulia) 
Di luar kriteria tersebut PB Percasi memberikan wildcard pada tiga pecatur yang potensial, yaitu MI Taufik Halay (Sumsel) yang tampil bagus pada Olimpiade Khanty-Mansiysk 2010 dengan menjadi pencetak skor terbaik kedua di bawah Susanto Megaranto; MI Tirto (Kaltim) yang sudah sekali meraih norma GM; serta dua kali juara dunia pelajar MF Farid Firman Syah (Jabar) yang masih berusia 17 tahun.

Para Peserta SELEKNAS akan bertanding 11 babak menggunakan sistem Swiss. Pecatur yang menduduki peringkat sebelas besar ditambah Susanto Megaranto dan Irene Kharisma Sukandar akan menjadi calon tim Indonesia pada SEA Games 2011.
(Teks foto: Para peserta SELEKNAS CATUR SEA GAMES XXVI/2011 Kelompok Putra)
Disebut calon karena mereka – 24 atlet catur tsb -- akan digodok lagi dalam PELATNAS, mengikuti berbagai ujicoba dalam dan luar negeri, dan melakukan kompetisi di antara mereka dalam berbagai format pertandingan (seperti catur klasik, rapid, blitz, blindchess dll.), hingga bulan Juni 2011. Tujuh pecatur terbaik di bagian putra dan tujuh pecatur terbaik di bagian putri yang berhasil melalui berbagai godokan tersebut baru menjadi Tim Inti Catur Indonesia pada SEA Games 2011.


Ketatnya seleksi atlet catur Indonesia untuk SEA Games ini diharapkan dapat menghasilkan para pecatur andal yang mampu mengharumkan nama Bangsa dan Negara Indonesia di kawasan Asia Tenggara.

(Teks foto: Para peserta SELEKNAS CATUR SEA GAMES XXVI/2011 Kelompok Putri)




Hingga hari ini, Selasa 25 Januari 2011 pukul 21.00 WIB, telah diselesaikan pertandingan 3 Babak dari 11 Babak Sistem Swiss yang direncanakan. Berikut pairing Babak ke-4 yang akan dipertandingkan hari Rabu 26 Januari 2011 jam 09.00 WIB:
(Klik kanan mouse Anda pada tautan berikut dan pilih opsi "Open Link in New Tab") 

Facebook
0 Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar